Selamat Hari Anak Nasional Untuk Anak-anak di Indonesia!

SEMIN – “Selamat Hari Anak Nasional semoga anak-anak Jogja benar-benar menjadi anak yang berbudaya, mencerminkan identitas dan karakter dalam berbangsa dan bertanah air Indonesia”, kalimat terakhir Bapak Gubernur DIY pada teks sambutan yang dibacakan oleh Pembina Upacara Peringatan Hari Anak Nasional, Rabu tanggal 23 Juli 2019 di Halaman SLB Darma Putra. Upacara tersebut diikuti oleh seluruh guru, karyawan, siswa-siswi, dan mahasiswa UNJ yang berkunjung ke sekolahan.

Selain upacara, dilaksanakan pula beberapa kegiatan pada Peringatan Hari Anak Nasional agar siswa-siswi dapat membangun solidaritas, kebersamaan, toleransi, dan kesetiakawanan. Kegiatan tersebut meliputi menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah bersama-sama, pengenalan gerakan karate dasar oleh mahasiswa UNJ, dan lomba mewarnai bagi siswa kelas kecil.

Perlu diketahui oleh orang tua, guru, dan masyarakat bahwa ada 10 hak anak yang harus dipenuhi (menurut Konvensi PBB Tahun 1989), yaitu: a. hak untuk bermain; b. hak untuk mendapatkan pendidikan; c. hak untuk mendapatkan perlindungan; d. hak untuk mendapatkan nama/ identitas; e. hak untuk mendapatkan status kebangsaan; f. hak untuk mendapatkan makanan; g. hak untuk mendapatkan akses kesehatan; h. hak untuk mendapatkan rekreasi; i. hak untuk mendapatkan kesamaan; dan j. hak untuk berperan dalam pembangunan. Pemerintah beserta orang tua, guru, dan masyarakat diharapkan dapat menghargai serta menghormati hak-hak anak tersebut tanpa adanya diskriminasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Senam Ceria ABK